Viro Suguhkan Rancang-Bangun dan Material Inovatif Ramah Lingkungan di Ajang IndoBuildTech 2019

Submitted by webviro on Sun, 03/24/2019 - 16:37
Prototype of Modular Forest Pod

Tangerang, 21 Maret 2019 - Viro, perusahaan penyedia solusi-solusi material inovatif untuk desain arsitektural dan interior kembali mengukuhkan kepemimpinannya dalam berinovasi dengan menampilkan konsep ‘Modular Forest Pod’. Kreasi ini merupakan persembahan dari Viro untuk menjawab permintaan pasar akan arsitektur dan interior yang menarik serta bernuansa makin dekat dengan alam.

“Sepanjang tahun 2018, kami melihat bahwa banyak masyarakat yang mengidamkan liburan yang lebih dekat dengan alam namun tetap menawarkan bentuk yang unik sehingga memberikan pengalaman personal yang berkesan, namun di saat yang sama tetap dimanjakan dengan fasilitas yang memadai. Untuk itu, tahun ini kami kembali bekerja sama dengan arsitek Dani Hermawan untuk mewujudkan ide ini menjadi konsep ‘Modular Forest Pod’ yang terinspirasi dari konsep rumah pohon,” terang Johan Yang, Executive Vice President dari PT Polymindo Permata, perusahaan pemilik merek Viro.

 

Modular Forest Pod ini memiliki bentuk heksagonal yang terdiri dari 6 segitiga sama sisi sebagai modul dasar. Masing-masing segitiga dapat digunakan sebagai ruang makan, ruang tamu, ruang menyimpan barang atau kamar mandi, yang dapat diatur sesuai kebutuhan,” jelas pendiri perusahaan Formologix dan arsitek, Dani Hermawan. “Kami senang bisa kembali berkolaborasi dengan Viro untuk kembali mempertunjukkan hasil karya dari pemikiran baru & inovasi para arsitek & engineer, sehingga senantiasa mendukung riset desain & perkembangan para arsitek & engineer,” tambah Dani.

 

Modular Forest Pod bisa diaplikasikan dengan berbagai kebutuhan seperti resorttemporary lodging (tempat tinggal sementara), vila & kebutuhan hunian luar ruangan lainnya. Berbeda dengan rumah pohon yang menempel pada pohon, Modular Forest Pod dirancang untuk diposisikan di permukaan tanah. Selain menawarkan model arsitektur heksagonal yang cantik dan cocok untuk swafoto, Viro juga menjamin bahwa material bangunan yang digunakan lebih ramah lingkungan. Bangunan Modular Forest Pod memiliki fondasi bangunan yang kuat, usia pakai lama dan tahan segala cuaca dengan tata cara perawatan material yang mudah dan sederhana.

“Konsep ini tentunya merupakan jawaban atas tantangan bisnis yang dimiliki para pemilik penginapan maupun resor yang terus menerus dituntut untuk menawarkan inovasi dan meningkatkan efisiensi. Inovasi ini juga merupakan kontribusi Viro untuk meningkatkan pariwisata Indonesia yang berkelanjutan dan bentuk nyata komitmen perusahaan terhadap solusi material bangunan yang lebih ramah lingkungan,” tutup Johan.

Modular Forest Pod inovasi terbaru dari konsep archineering yang diperkenalkan oleh Viro di tahun 2015. Archineering merupakan konsep arsitektur dengan menekankan kelenturan dan kekuatan bahan untuk mewujudkan imajinasi desain dari para perancang, baik untuk tujuan arsitektur maupun interior. Konsep ini memungkinkan material dari Viro dapat dibentuk, ditekuk dan tentunya dianyam sesuai dengan pola yang dinginkan.

Hasil kreasi archineering dari Viro ini telah menelurkan inovasi rancang bangun konsep Gazebo Gedong Panjang dua lantai di IndoBuildTech 2018 dan dipercaya untuk membangun restoran The Green House untuk eksibisi seni terbesar di Jakarta, Art Jakarta 2018 serta telah berhasil membawa pulang penghargaan sebagai Booth Paling Inovatif di CASA Indonesia di tahun yang sama.

Tidak hanya konsep Modular Forest Pod, di IBT 2019 ini Viro juga memperkenalkan pengembangan teknologi material terbaru yang disebut Teak Polymer Composite (TPC). Seperti materi “eco faux” yang menjadi sebelum diperkenalkan dan menjadi ciri khas Viro, TPC merupakan materi ramah lingkungan menggunakan gabungan dari sisa serbuk kayu jati dengan termoplastik yang seutuhnya dapat didaur ulang kembali. Serbuk kayu jati sisa untuk materi TPC Viro diambil dari Yogyakarta, dan bahan plastik yang digunakan merupakan hasil daur ulang.  Selain itu, material ini juga 100% dapat didaur ulang kembali.

Solusi produk terbaru dan bahan bangunan inovatif dari Viro dapat dinikmati selama IndoBuildTech berlangsung pada 21 – 24 Maret 2019 di Hall 6 Booth R2, Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang.

Categories

Categories

Archive

Subscribe