Seriusi Bisnis Instalasi Seni, Viro Kembali Hadirkan Kolaborasi Karya ‘Kendaraan Langit’ dari Joko Avianto

Viro menampilkan instalasi seni Kendaraan Langit hasil kolaborasi dengan pematung Joko Avianto di Festival Pesona Lokal Adira Finance 2019

Viro Kembali Hadirkan Kolaborasi Karya ‘Kendaraan Langit’ dari Joko Avianto

Jakarta, 16 November 2019 – Viro, perusahaan penyedia solusi-solusi material inovatif untuk desain arsitektural dan interior, kembali bekerja sama dengan pematung Joko Avianto, melalui instalasi seni yang dinamai “Kendaraan Langit”. Instalasi Kendaraan Langit yang menggunakan bahan eco faux ini berpartisipasi dalam kegiatan bertajuk Festival Pesona Lokal yang diselenggarakan oleh Adira Finance di Plaza Tenggara Senayan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan pada 16 November 2019. Joko Avianto merupakan pematung yang terkenal dengan karya instalasi bambu bernama Getih Getah, yang sebelumnya ditempatkan di salah satu ikon kota Jakarta, Bundaran Hotel Indonesia. Dengan dimensi 6 meter (Panjang) x 2 meter (Lebar) x 3 meter (Tinggi), Kendaraan Langit dapat menampung hingga empat orang dewasa dengan total beban 250 kilogram. Johan Yang, Executive Vice President dari PT Polymindo Permata, perusahaan pemilik merek Viro, merasa sangat senang dapat kembali berkolaborasi dengan Joko Avianto setelah sebelumnya pernah berkolaborasi dalam membuat instalasi seni “Clouds” yang ditampilkan di CASA Indonesia 2019. “Partisipasi Kendaraan Langit berbahan eco faux dalam acara publik yang diselenggarakan hari ini merupakan salah satu bentuk upaya kami dalam memperkenalkan kombinasi keindahan seni Joko Avianto yang berpadu dengan bahan eco faux yang tahan lama dan dapat didaur ulang sehingga menginspirasi kreativitas dan inovasi baru,” ujar Johan. Karya instalasi seni Kendaraan Langit dari Joko Avianto ini membawa paham awan sebagai lambang dunia atas dan juga gambaran dari dunia yang luas, bebas, dan mempunyai makna transendental.

Viro Kembali Hadirkan Kolaborasi Karya ‘Kendaraan Langit’ dari Joko Avianto

“Kendaraan Langit terinspirasi dari Kereta Kencana Paksi Naga Liman, sebuah kereta kencana milik Keraton Kanoman di Cirebon yang banyak digunakan oleh para raja dalam menghadiri upacara kebesaran. Desain kereta tersebut kemudian dilebur dengan bentuk awan yang diwakili oleh bentuk Megamendung yang juga berasal dari Cirebon,” jelas Joko Avianto.

 

Joko melanjutkan bahwa dalam instalasi ini dapat terlihat garis melengkung yang mengalir secara teratur dari yang paling dalam dengan ukuran kecil kemudian melebar ke luar dengan lengkung yang membesar. Garis-garis ini membawa pesan moral tersendiri, ia berupaya menyampaikan bahwa kehidupan manusia selalu dinamis. Setelah mulai berkembang, lalu bertumbuh keluar untuk mencari jati diri dengan belajar dan menjalani kehidupan baik dari sisi sosial dan konsep agama. Pada akhirnya, seseorang akan memasuki dunia baru dan kembali menuju kedalam penyatuan diri setelah melalui pasang surut kehidupan hingga kembali ke asalnya. Instalasi Kendaraan Langit ini menunjukkan keseriusan Viro untuk merambah bisnis seni instalasi, khususnya yang berada di luar ruang. Hal ini disebabkan oleh karakter bahan eco faux yang memiliki tampilan sebagaimana bahan alami khas Indonesia, namun dapat digunakan untuk waktu yang panjang, bahkan dengan cuaca yang berubah-ubah. Selain itu, bahan ini juga dapat didaur ulang sehingga membantu mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

 

Dalam partisipasinya, Viro tidak hanya menghadirkan instalasi Kendaraan Langit, namun juga menampilkan kostum hasil kolaborasi dengan desainer Musa Widyatmodjo yang akan digunakan oleh pembawa acara Denny Cagur dan Nirina Zubir dirangkaian acara Festival Pesona Lokal yang akan disiarkan pada hari Minggu (17/11) di Saluran RCTI. Sebagai informasi, Festival Pesona Lokal yang diselenggarakan oleh Adira Finance adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Adira Finance sebagai wujud keinginan untuk turut serta dalam mempromosikan daerah yang memiliki Kesenian, Budaya, Parawisata serta Kuliner yang beragam untuk menarik perhatian wisatawan lokal maupun luar negeri. Sebelumnya festival ini sudah diselenggarakan di Bandung, Surabaya, Medan di antara 7 kota besar yang mewakili cabang area Adira Finance. 

Download Press Release Here.

Back